19 May 2013

CD-ROM dan DVD-ROM

CD-ROM dan DVD-ROM memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat pembaca dab penyimpan data.

Apa itu CD-ROM ?

CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory ) adalah berupa lempengan yang terbuat dari bahan fiber sebagai media penyimpanan eksternal. Bentuk dan kapasitas CD lebih besar daripada disket.  CD tersebut dapat dibaca dengan menggunakan CD-ROM yang dilengkapi laser yang keluar dari mata optiknya. CD-ROM memiliki kecepatan transfer data sebesar n x 150 MB/S dengan n adalah kecepatan yang biasanya tertulis pada bodinya.

Misalnya, suatu CD-ROM memiliki kecepatan 50x secara teoretis, CD-ROM tersebut memilki transfer rate sebesar 50-150 MB/s = 7500 MB/s.

Apa itu DVD-ROM ?

DVD-ROM ( Digital Video Display Read Only Memory ) pada awalnya hanya digunakan untuk menyimpan sebuah program dalam format film denga teknologi digital. Teknologi ini dapat menghasilkan film lebih bersih dan tajam, baik gambar maupun  suaranya. Namun saat ini DVD-ROM digunakan juga untuk menyimpan program dan data. Hal ini karena kapasitas DVD bisa mencapai 4 kali kapasitas CD ( 4 GB). kecepatan DVD-ROM yang ada do pasaran diantaranya 4x, 8x, 12x, 16x. merek CD-ROM dan DVD-ROM sangat banyak , diantaranya ASUS, SAMSUNG, Lite-on, Aopen, Sony dan Ben-Q.

Sumber: Panduan menjadi Teknisi Komputer-Ahmad Yani

CD-ROM dan DVD-ROM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: