Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar



Setiap proses belajar mengajar yang dilaksanakan senantiasa diarahkan untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Kalau guru sudah berusaha seoptimal mungkin menciptakan kondisi bagi untuk belajar, tetapi hasil belajar yang diperoleh masih belum maksimal, hal itu disebabkan oleh prose situ sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor yang otomatis berpengaruh pula terhadap aktivitas belajar siswa.
Menurut Usman (2006) menyatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa yaitu :
a.       Faktor internal siswa, antara lain: faktor jasmani baik yang bersifat bawaan dari sejak lahir, faktor psikologis (kercerdasan dan bakat, sikap, kebiasaan, minat, motivasi, dan penyesuaian diri), faktor kematangan fisik dan psikis.
b.      Faktor eksternal siswa, antara lain: faktor sosial (lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat), faktor budaya (adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian), faktor lingkungan fisik (fasilitas rumah dan fasilitas belajar).
c.       Faktor pertanyaan juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebab jika guru menggunakan pertanyaan yang tidak tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tidak tepat akan berdampak negatif.
Ditambah Pidarta (1997) mengemukakan bahwa ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi aktivitas belajar siswa, antara lain: “(a) faktor guru, (b) tujuan pelajaran, (c) materi pelajaran, (d) media pelajaran, (e) metode mengajar, dan (f) instrument penilaian”.
Dari pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap kegiatan proses pembelajaran selalu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: faktor internal maupun ekternal, faktor guru, tujuan pelajaran, materi pelajaran, media pelajaran, metode mengajar, dan instrument penilaian”.

No comments: