29 May 2013

Fungsi Organ Pernapasan Manusia



Manusia dan Kehidupannya Sebagai makhluk hidup kita masih hidup sampai saat ini karena setiap saat kita selalu bernafas menghirup udara. Menurut Abtokhi (2008:55) Organ pernapasan manusia terdiri atas empat macam yaitu rongga hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, dan paru-paru. Dari beberapa macam organ pernapasan manusia tersebut adapun fungsinya dapat dijelaskan sebagai berikut:

1)        Rongga hidung
Hidung merupakan alat pertama yang dilalui udara dari luar. Fungsi hidung adalah menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring udara, mengatur suhu udara yang masuk agar sesuai dengan suhu tubuh, dan mengatur kelembapan udara. Hidung menjadi salah satu alat pernapasan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Kemudian di dalam rongga hidung terdapat indera pembau yang berfungsi untuk menghindari bau tidak enak.
2)        Pangkal tenggorokan
Udara yang telah melewati hidung kemudian masuk ke pangkal tenggorokan melalui faring. Faring adalah hulu kerongkongan yang merupakan persimpangan antara rongga mulut kerongkongan dan dan rongga hidung ke tenggorokan kemudian udara masuk ke batang tenggorokan (trakea). Bagaimana udara tidak ”salah jalan” ke kerongkongan dan makanan tidak ”tersesat” masuk ke dalam batang tenggorokan? Hal ini bisa terjadi karena pada pangkal tenggorokan terdapat katup yang disebut epiglotis. Ketika kita bernapas, epiglotis terbuka dan anak tekak melipat ke bawah bertemu dengan epiglotis kemudian udara akan masuk melewati pangkal tenggorokan. Dan ketika kita menelan, epiglotis menutup pangkal tenggorokan dan makanan akan masuk ke kerongkongan. Namun, ketika kita menelan dan epiglotis belum menutup maka akan menyebabkan kita tersedak. Fungsi dari tenggorokan adalah tempat jalannya makanan ke kerongkongan dan tempat jalannya udara ke paru-paru.
Pangkal tenggorokan terdiri atas keping tulang rawan yang membentuk jakun, yang tersusun atas tulang lidah, tulang katup rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan dan gelang tulang rawan. Pada pangkal tenggorokan juga terdapat selaput suara yang akan bergetar bila berhembus udara dari paru-paru. Hal ini terjadi pada waktu kita bicara.
3)        Batang tenggorokan
Batang tenggorokan terletak di daerah leher, di depan kerongkongan dan merupakan pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan dengan panjang sekitar 10 cm. Dinding dalamnya dilapisi selaput lendir yang sel-selnya berambut getar, yang berfungsi untuk menolak debu atau benda asing yang masuk bersama udara. Akibat tolakan secara paksa tersebut kita akan batuk atau bersin.
Batang tenggorokan bercabang menjadi dua yaitu cabang batang tenggorokan (bronkus) yang menuju paru-paru kiri dan kanan. Fungsi dari bronkus adalah tempat jalanya udara yang dibawa masuk ke dalam paru-paru dan untuk mengeluarkan udara. Tempat Di dalam paru-paru, bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus, dimana bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus dan kiri dua bronkiolus. Cabang-cabang yang paling kecil masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. Fungsi dari alveolus adalah tempat bertukarnya O2 dan CO2
4)        Paru-paru
Paru-paru teletak di rongga dada di atas sekat diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Fungsi dari diafragma adalah untuk mengendalikan keluarnya udara dan sebagai sekat pembetas antara dada dan perut. Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kanan tersiri dari tiga gelambir (lobus) dan paru-paru kiri terdiri dari dua gelembir. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pleura yang membungkus alveolus-alveolus yang berjumlah lebih kurang 300 juta buah. Luas seluruh permukaan alveolus diperkirakan 100 kali dari luas permukaan tubuh manusia. Pertukaran gas ini menjadi di dalam alveolus.

Fungsi Organ Pernapasan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: