Perubahan Wujud Benda Padat, Cair dan Gas



   Menurut Haryanto (2007) perubahan wujud benda terdiri atas
a.       Perubahan Wujud Benda Padat Menjadi Benda Cair
Beberapa perubahan wujud benda terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Contoh setelah diaduk, butiran gula tidak tampak lagi. Gula pasir tidak hilang. Akan tetapi, gula pasir mengalami perubahan wujud. Gula pasir larut di dalam teh panas. Gula pasir berubah wujud dari padat menjadi cair. Ini membutikan bahwa rasa teh yang semula tawar berubah menjadi manis  Rasa manis menunjukkan adanya gula. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair disebut meleleh atau mencair atau melebur.
Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai berbagai perubahan benda padat menjadi cair. Pernahkah kamu melihat orang memasak dengan menggunakan margarine atau mentega? Margarin berbentuk padat. Akan tetapi, saat terkena panas dari penggorengan, margarin akan mencair (meleleh). Margarin berubah dari padat menjadi cair.
b.      Perubahan Wujud Benda Cair menjadi Benda Padat
Jika kita memasukkan  sekantong air ke dalam freezer, maka air akan berubah menjadi es. Freezer adalah ruang pembekuan dalam lemari es. Air adalah benda cair, sedangkan es merupakan benda padat. Jadi, benda cair dapat berubah menjadi benda padat. Perubahan wujud ini disebut membeku.
c.       Perubahan Wujud Benda Cair Menjadi Benda Gas
Dalam kehidipan kita sehari-hari, sering kita melihat orang tua memasak air minum. Uap air mudah kamu lihat pada saat memasak air. Uap air juga mudah dilihat pada saat air panas dituang. Ini menandakan bahwa benda cair dapat berubah  menjadi benda gas jka dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.



d.      Perubahan Wujud Benda Gas Menjadi Benda Cair
Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair dapat kita lihat jika tutup gelas digunakan untuk menutup cangkir atau gelas berisi minuman panas, kita akan melihat ada butiran air di tutup cangkir. Butiran air itu berasal dari minuman panas yang menguap. Uap minuman bergerak ke atas mengenai tutup gelas. Saat bersentuhan dengan tutup gelas yang semula dingin, maka uap minuman itu berubah menjadi butiran air. Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair disebut mengembun atau kondensasi. 
e.   Perubahan Wujud Benda Padat Menjadi Benda Gas
Kamper merupakan benda padat. Jika diletakkan diudara terbuka, kamper lama-kelamahan akan habis. Kamper berubah menjadi gas yang menyebar di udara. Perubahan wujud benda padat menjadi benda gas ini disebut menyublin.

 


Penjelasan:
1.                                                                Menyublin : Perubahan wujud padat menjadi gas
Contoh                  : Kapur barus yang diletakkan dalam lemari pakaian   
                                     akan habis dengan sendirinya.
2.  Mencair                : Perubahan wujud padat menjadi cair.
     Contoh                  : Es batu ditaruh di gelas berubah menjadi 
                               air.
3. Menguap               :Perubahan wujud cair mejadi gas.
          Contoh                   : Parfum disimpan di botol terbuka akan habis
4. Membeku              : Perubahan wujud cair menjadi padat.
                      Contoh                   : Air yang dimasukkan di freezer berubah    
                         menjadi es batu
5. Mengembun         : Perubahan wujud gas menjadi cair.
                       Contoh                 : Pembentukan awan
 

Perubahan Wujud Benda Padat, Cair dan Gas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: