Pembuatan dan Penggunaan Wolfram



Wolfram adalah suatu unsur kimia dalam table periodik yamg memiliki lambang W dan nomor atom 74. Nama unsur ini diambil dari bahasa Latin wolframium dan sering juga disebut tungsten.Wolfram merupakan logam transisi yang memiliki sifat sangat keras dan berwarna putih kelabu, dan wolfram dapat kita temukan pada mineral wolframit dan schelit.
Hampir serupa dengan platina, wolfram mempunyai berat jenis sama dengan 20. Tetapi titik cairnya jauh lebih tinggi dari platina yaitu 3400°C, ini merupakan angka tertinggi dari semua logam yang ada. Titik didih wolfram mencapai 5600°C yang juga lebih tinggi dibandingkan zat non-aloy lainnya, dengan tahanan jenis 0,055 Ohm.mm2/m.
a.      Pembuatan Wolfram
Wolfram didapat dengan cara mereduksi oksida wolfram dengan hidrogen yang dihasilkan dari dapur listrik. Bijih wolfram yang mengalami proses dalam dapur listrik, proses kimia, dibuat batang-batang yang dapat ditempa, ditarik dalam keadaan panas menjadi kawat yang dapat mencapai garis tengah 0,01 mm dan juga digilas menjadi lembaran. Pengerjaan menjadi barang-barang yang dialami oleh wolfram ini mirip dengan pengerjaan pada bahan keramik yaitu tanpa mencairkannya.
b.      Penggunaan Wolfram
Keberadaan wolfram menjadi bahan pokok pada bidang elektronika, terutama sebagai katoda tabung elektron. Dalam bidang kelistrikan senyawa wolfram dan aloy-nya digunakan secara luas untuk banyak hal. Dalam hal ini wolfram dibuat menjadi kawat pijar (filamen) untuk lampu-lampu pijar, elektroda, pegas, tabung sinar-X, dan superaloy. 

No comments: