09 July 2013

Macam, Bentuk dan Fungsi dari IC



Integrated Circuit (IC) sebenarnya adalah suatu rangkaian elektronik yang dikemas menjadi satu kemasan kecil atau dengan kata lain yaitu beberapa komponen elektronika yang dijadikan satu wadah sehingga membentuk sebuah komponen

Macam-Macam IC dan Bentuknya
Integrated Circuit (IC)  terbagi atas 2 bagian
  • IC Monolitik, Yaitu IC yang berdiri sendiri artinya dalam satu IC monolitik ini hanya menjalankan/mengatur satu blok rangkaian saja dan tidak tergabung dengan IC yang lain. Umumnya IC monolitik ini biasanya kebanyakan didapati pada radio dan televise.
Contohnya : IC AN 7812, AN 7805, SN 7400, 7411 dan lain-lain.
  • IC Hybrid
Yaitu gabungan dari beberapa IC atau dengan kata lain IC yang terkumpul. Dalam satu PCB (papan rangkaian) Umumya IC Hybrid ini terdapat pada komputer.
 
Dalam beberapa rangkaian yang besar dapat diintegrasikan menjadi satu dan dikemas dalam kemasan yang kecil. Sementara satu IC yang kecil dapat membuat ratusan hingga ribuan komputer. Berikut dibawah ini satu gambar IC yang bentuknya seperti transistor.


Bentuk IC yang menyerupai sisir disebut menyerupai sisir karena kaki-kakinya hanya satu sisi saja biasa pula IC dinamakan IC SINGLE INLINE
Bentuk IC yang segiempat dengan kaki-kaki berada pada keempat sisinya. Bentuk yang seperti ini kebanyakan digunakan pada CPU komputer salah satu contohnya seperti gambar di bawah ini.
 
Bentuk IC yang kaki-kakinya hanya pada dua sisinya saja atau  biasa disebut Dual Line (DIL).
Salah satu contohnya seperti gambar dibawah ini.  
 
IC yang berbentuk bulat dan dual in line, kaki-kakinya diberi nomor urut untuk dengan urutan sesuai arah jarum jam, kaki nomor satu diberikan tanda titik atau takikan. Setiap IC ditandai dengan nomor type, Nomor ini menunjukkan jenis IC, jadi jika nomornya sama misalnya IC SN 7400 dengan IC HD 7400 dan sebagainya.


Kelompok-kelompok IC

IC Linear
a.      IC Regulator
b.      IC Operational Amplifier (OP-AMP)
c.       IC Audio Amplifier dan sebagainya
IC DigitaL
d.      NAND
e.      NOR
f.        OR
g.      AND EXOR
h.      BCD, dan lain-lain
Jenis IC yang sekarang berkembang dan banyak digunakan adalah transistor-transistor logic (TTL) dan juga Complimentary Metal Oxide Semoconduktor (CMOS).
   
Tujuan dan Fungi IC

IC dibuat dengan tujuan agar dalam merakit satu rangkaian, penggunaan IC itu lebih praktis dan biayanya relatif lebih ringan dan juga dapat mengerjakan suatu rangkaian dengan efektif dan efisien di dibanding menggunakan transistor.
Fungsi IC sendiri ada bermacam-macam sesuai dengan kode atau type IC tersebut. Tapi, Fungsi IC secara umum yaitu:
1.      Mengatur tegangan input dan out put
2.      Sebagai jantung pada suatu rangkaian. Karena IC-lah yang mengatur kerja dari setiap blok rangkaian dengan membagi tugas masing-masing blok rangkaian tertentu.
3.      Dan lain-lain



 

Macam, Bentuk dan Fungsi dari IC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

1 comments:

nur fauzan said...

mantaap.. terimakasih materinya... kunjungi balik ya engineernusantara.blogspot.com