23 July 2013

Membuat Catatan Pelajaran yang Baik



Membuat catatan pelajaran yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan dalam belajar karena dengan catatan kita bisa mengevaluasi pelajaran yang pernah di dapatkan agar kita tidak melupakan materi pelajaran yang sudah berlalu. Oleh karena itu pelajaran perlu diikat dengan dengan catatan yang baik. Berikut ini saya akan mencoba berbagi tentang cara membuat catatan pelajaran yang baik sebagai berikut :

  1. Sediakan kertas lembaran (terpisah) bergaris, berilah lubang pada sisinya, untuk disimpan pada tempat tertentu.
  2. Catatatlah pokok-pokok persoalan yang penting saja dalam menerima materi pelajaran.
  3. Hasil catatan materi pelajaran agar dibaca lagi pada hari itu juga, kalau perlu diadakan perbaikan.
  4. Tiap-tiap kertas agar disimpan dalam satu tempat hasil mengikuti pelajaran
  5. Tiap kertas lembaran agar disusun kembali (hasil catatan pelajaran sudah banyak) menurut pokok-pokok persoalan dan kemudian diberi nomor halaman. Hubungkan dengan buku pelajaran, baik buku wajib, buku anjuran atau buku tambahan (sebagai pembanding)
  6. Tiap persoalan agar diberi batas kertas berwarna. Dan pada iap akhir persoalan agar disediakan dua lembar kertas kosong.
  7. Bundel kertas hasil catatan materi pelajaran tersebut, berilah tanda-tanda (garis bawah) untuk memudahkan menghafal kembali. Dengan catatan ini anda sudah siap menghadapi ujian.
  8. Apabila lembar-lembar catatan materi pelajaran sudah banyak, agar diberi daftar isi dan daftar indeks, kemudian disimpan di depan tiap mata pelajaran yang bersangkutan.
  9. Catatan sangat membantu untuk menggunakan pengetahuan secara berulang-ulang (ingat hukum pengulangan)
  10. Tiap-tiap akan mengikuti materi pelajaran, agar membaca catatan tersebut terlebih dahulu.

Sebelum mencatat materi pelajaran murid terlebih dahulu mendengarkan penjelasan guru, menangkap penjelasan tersebut, mengolah di dalam otak dan kemudian dikeluarkan di atas kertas. Memilih tempat duduk di depan untuk memudahkan melihat, mendengarkan dan dapat berkonsentrasi dalam mengikuti materi pelajaran.
Dalam mengikuti pelajaran (mencatat) dapat bekerja sama dengan kawan lainnya yang bersifat saling mengisi dan saling melengkapi hasil catatan maksimal tiga orang saja dipilih bertempat tinggal dekat. Murid tidak boleh mengandalkan hasil catatan orang lain karena akan mendidik murid malas dan akhirnya segan mengikuti suatu mata pelajaran. Apabila ada bagian penjelasan materi pelajaran yang terlewat, sebaiknya dikosongkan beberapa baris, kemudian ikutilah penjelasan/keterangan berikutnya. Jangan membuat catatan pelajaran dari bermacam-macam pelajaran dalam suatu buku secara serempak.

Membuat Catatan Pelajaran yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: