Pengertian Kurikulum


Pengertian kurikulum menurut Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas sebagaimana dikemukakan bahwa suatu kurikulum mempunyai komponen atau unsur. Konsep kurikulum merupakan konsep yang komprehensip, kurikulum memiliki berbagai makna seperti :
  1. Seperangkap mata pelajaran atau materi pelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik
  2. Seperangkap hasil belajar yang diinginkan untuk dicapai
  3. Semua pengalaman belajar yang diperoleh siswa di sekolah di bawah bimbingan dan pengarahan  guru
  4. Seperangkat  rencana atau program kegiatan yang akan dilaksanakan, mulai dari yang sifatnya umum, seperti garis-garis besar program pengajaran  ( GBPP ) sampai kepada yang sifatnya sangat khusus (terstruktur) seperti satuan pelajaran dan modul.
Kurikulum, sebagai konsep yang multidimensional, mengandung makna bahwa tinjauan tentang kurikulum dapat dilaksanakan dari berbagai dimensi yaitu :
  1. Kurikulum sebagai ide manunjuk pada buah pikiran yang ada pada para pengembang kurukulum sebagai preferensi teoretik tentang apa yang akan dikembangkan pada diri anak didik dan cara mengembangkannya.
  2. Kurikulum sebagai rencana tertulis menunjuk pada garis-garis besar program pengajaran sebagai suatu kesepakatan minimal secara nasional dan yang paling konkret untuk menjadi pegangan guru.
  3. Kurikulum sebagai kegiatan menunjuk pada peterjemahan guru terhadap rencana tertulis menjadi suatu kegiatan yang benar-benar terjadi.
  4. Kurikulum sebagai hasil menunjuk pada hasil belajar atau pencapaian siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Kecenderungan pengertian kurukulum yang banyak dianut dewasa ini adalah yang mengartikan kurikulum sebagai perangkatprogram atau rencana tertulis dalam bentuk GBPP ( Garis-Garis Besar Program Perkuliahan ) sebagai suatu kesepakatan minimal secara institusional atau menjadi pedoman bagi dosen dalam melaksanakan tugasnya. Pengetian ini sesuai dengan Pasal 1 ayat 19 Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa “ kurikulum adalah seperangkat rencana atau pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pengetian yang relatif sama juga dikemukakan dalam surat Keputusan Mendiknas No.232 / U / 2000 tentang penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil belajar mahasiswa yang menyebutkan bahwa “ Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar”.

Adapun Kurikulum-kurikulum yang pernah diterapkan dalam proses belajar mengajar di Indonesia di antaranya.
  1. Kurikulum 1994; Kurikulum 1994 bergulir lebih pada upaya memadukan kurikulum-kurikulum sebelumnya.
  2. Kurikulum 2004; Bahasa Kerennya Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ). Setiap pelajaran di urai berdasarkan kompetensi apakah yang mesti dicapai siswa.
  3. Kurikulum 2006 ( KTSP ); Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan.

No comments: