20 August 2013

Konsep Media Pembelajaran Berbasis Komputer



Komputer secara umum terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, komputer merupakan seperangkat alat elektronika yang terdiri dari sistem input, pemrosesan dan sistrem output yang dapat mengolah informasi sesuai dengan keinginan pemakaianya. Untuk mengatasi keterbatasan dan hambatan dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat digunakan komputer  sebagai alat bantu pembelajaran.
Pada dasarnya teknologi dalam pembelajaran tidak lebih dari hanya sebuah alat (tools) atau media. Sehingga pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tidak menjamin terjadinya pembelajaran yang baik (better learning). Akan tetapi belajar akan berlangsung secara optimal bila dilakukan sinkronisasi antara teknologi yang digunakan dan pemrosesan informasi di otak. Oleh karena itu, untuk menjamin terjadinya pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer haruslah secara cermat memperhatikan terlebih dahulu bagaimana proses belajar terjadi pada setiap individu.
Setiap individu mempunyai gaya belajar yang berbeda, sehingga guru penting untuk mengakomodasi gaya belajar individu tersebut dalam melakukan proses belajar mengajar.
Pembelajaran dengan komputer akan memberi kesempatan pada siswa untuk mendapat materi pembelajaran yang otentik dan dapat berinteraksi secara lebih luas. Pembelajaran pun menjadi lebih bersifat pribadi yang akan memenuhi kebutuhan strategi pembelajaran yang berbeda-beda, sementara kekurangan dan kelemahan pemakaian komputer sebagai media pembelajaran antara lain; hambatan dana, ketersediaan piranti keras dan piranti lunak komputer, keterbatasan kemampuan teknis dan teoritis serta penerimaan terhadap teknologi.

Konsep Media Pembelajaran Berbasis Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: