Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi dan Kesehatan

20 September 2013

Contoh Naskah Drama Pendidikan Versi Makassar




NASKAH DRAMA
Tema              :   Pendidikan
Judul              :   Kisah Pilu Di Metropolitan
Para Pelaku   :  
-       Irma Suriani                   :   Sitti
-       Nur Rihla                       :   Bunda
-       Suprianto Sabri             :   Puang
-       Kartia                             :   Aminah
-       A.Eliya Khumaira         :   Sumi
-       Sutra Sudirman             :   Tenri
-       Sri Rahmadani               :   Septi
-       Eka Safitri                      :   Dila

Sinopsis ceritA
 Sitti seorang mahasiswi di sebuah Universitas Negeri Makassar. Sitti adalah gadis periang, manis, lugu, dan baik. Tetapi sekarang Sitti menjadi gadis  yang tak dapat di gambarkan dengan kata apapun. Tapi, sebalik dari kota, Sitti berubah menjadi sesosok gadis yang suka menangis, merenung, bahkan tertawa sendiri ternyata Sitti dip*rk*sa oleh teman kampusnya.
Hal inilah yang membuat sang puang (bapaknya)marah kepadanya,  dia beranggapan bahawa hal yang di lakukan anaknya itu sangat mencemarkan nama baik keluaraganya padahal dia itu adalah orang  yang di pandang di kampungnya tersebut.
“ Sitti  kisah pilu seorang gadis desa yang terjebak oleh kejamnya ibu kota, sitti sekarang merasa bahwa kotalah yang membuat segala harapan dan harapan orang tuanya pupus. 


KARAKTER 1
          “Pagi hari yang cerah Sitti memasuki area kampus, kemudian            bertemu  dengan temannya “
SITTI                       : ( sambil duduk dan baca buku ) ……                                                                                                 “ merenung dan barpikir “…. ( Tiba-tiba datang temanya Tenri, Septi dan Dila ) …..
TENRI                     : Hai…. Sitti…. Lagi bikin apa ki` saudara !!! ( dengan berlaga yang centil )
SEPTI                      :  Iya…Lagi apaki? Duduk sendiri disini nanti kesambet ki
DILA                        :  Huss… Sembarangnya ini na bilang
SEPTI                      :  Ha…ha…ha…Just Kidding ji friends
SITTI                       : Nda jie` … Lagi baca buku jaka saudara ……
TENRI                     : Oh … Sitti … Begitu indahnya menjadi dirimu … Gadis pintar dan disukai oleh banyak orang-orang ganteng .
SEPTI                      : Iya…Sitti…Berungtungmu di` jadi orang, semua anak-anak       dalam kelas menyanjung dan tergila-gila padamu …. Iriku deh, sama kau Sitti …. ( sambil bergurau dalam hati )
DILA                        :  Iya… Saya juga irika sama kamu Sitti. Banyak sekali cowok sukako nach. Saya kasian jangankan orang suka’ka nalirik’ka saja cowok tidak pernah.
TENRI & SEPTI      :  ( Bersamaan ) Ha…ha…ha…kasian nu itu cewek!
DILA                        :  Ye...e…e kayaknya saja ada orang sukako berdua
SITTI                       :  Iyo kahhh ….. Maksudmu saudara …. Perasaan tidak ada jie` apa - apanya diriku  … Ndak usah moko deh berpikir apa-apa . Dari pada kuladeni semua ko`, mending pulang maka deh …. ( Sambil membawa tasnya dan tertawa ringan )
           ( Sepeniggalan Sitti, Tenri, Septi, dan Dila bercerita tentang   pribadi Sitti)
SEPTI                     : Dila, Tenri…. Enak jadi Sitti di` . Tatapi, kenapa tak seorangpun yang dia pilih…. Coba saya, di mana-manami pacarku
DILA                       :  Saya juga kupacarai semuai. Apalagi kalo ganteng-ganteng cowoknya mumpung masih mudahki to kawan, Kapan ki lagi bisa begini kalo bukan sekarang. Kalo tua miki nanti tidak adami itu orang sukaki.
TENRI                    : Ini semua`…. Sembarang na` nabilang !!!
SEPTI                     : Habisnya Sitti nda mau sih ….
DILA                       :  Iya… maunya itu nakasi mi ki Sitti cowok yang  tidak na suka daripada mubassir
TENRI                    :  Makanan kapang mubassir
DILA                       :  Daripada kita yang kadaluarsa tidak laku-laku. (Septi, Tenri, dan Dilla pun tertawa) 
SEPTI                     : Iyo…. Saya juga heran, Sitti cantik tetapi tak seorangpun pria  yang kudengar dia suka atau jangan-jangan dia … ( Ih…Ih… Sambil cekikikan )

KARAKTER II
     “ Dua minggu kemudian, Sitti tidak pernah menampakkan wajah-nya dikampus. Entah, apa gerangan yang terjadi pada dirinya ”.
TENRI                    :  Sep…. Btw, kemana itu Sitti tidak pernah datang ke kampus?
SEPTI                     :  Iya, jadi kangen nih sama Sitti …. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa ya… denganya !!!
DILA                       :  Ya mudah-mudahan saja…
                                   ( Berfikir sejenak ) Atau jangan-jangan di kasi manikahi sama puangnya…!Tapi kenapa tidak na undangki kalau manikahi? Kita kan temannya yang baik hati dan tidak sombong
TENRI                    :  Eddeee… Sembarang na’nabilang
DILA                       :  Ya…maaf  keceplosan mulutku
SEPTI                     : Iya, masalahya kita khawatir dengan keadaanya ….
TENRI                    :  Bukan cuma kamu yang khawatir, saya juga
DILA                       :  Iya…saya juga
                                   Weeee daripada disini teruski mengira-ngira, kenapa tidak pernah datang Sitti, mending pulang ki
SEPTI                    :  Iya… tidak masuk ji lagi dosen, mending pulangki tidur
TERI & DILA      :  Oke lah klu begitu

KARAKTER III
“ Satu bulan kemudian, tidak ada kabar berita dari Sitti akan masalahnya . Tapi, apa  yang terjadi gerangan “ …. Sitti, dulunya dalah gadis periang  dan baik . Tapi, sebalik dari kota Sitti berubah menjadi sesosok gadis yang  suka menangis,merenung, bahkan  tertawa sendiri .Entah apa yang terjadi pada  dirinya !!! ..............
SITTI                       :  “( Dalam posisi duduk, rambut  yang acak-acakan, menangis, merenung, dan tertawa sendiri .) “
BUNDA                    :  “ Oh, Sitti anakku sayang ….. Kenapaki ?Apa yang terjadi padamu nak …. Ceritakan sama bundamu, dukamu duka lara bundamu  !!!
AMINAH                 :  Wahai…. Bunda …. Buat  apa  lagi  Sitti di pertahankan ….                      Aku tidak sudi mempunyai adik seperti dia …. ( Sambil menunjuk Sitti dan memarahinya ) !!!
BUNDA                    :  Tidak Aminah…. Sitti adalah  adikmu, dia anak Bunda     juga… Jangan kau berkata seperti itu Aminah !!!
AMINAH                 :  Tidak …. Tidak Bunda .… Pokoknya Sitti harus keluar dari                keluarga ini  !!! ( Sambil menarik tangan Sitti ) …
BUNDA                    :  Jangan …. Jangan Aminah ….. ( Bunda menangis dan menarik tangan Sitti ) !!!
PUANG                    :  “ Saya setuju dengan Aminah ….  Saya tidak sudi punya anak seperti kau Sitti ( Sambil menunjuk Sitti ) … Kau telah mempermalukan Puang nu` sendiri !!! Saya puang di ini ……
BUNDA                    :  Tidak Puang…. Tidak …. Sitti anak kita, saya telah mengandungnya selama 9 bulan …. Jangan usir dia dari keluarga kita puang !!!
                                    ( Setelah itu Aminah, Bunda, dan Puangnya keluar meninggalkan Sitti . Kini Sitti tinggal seorang diri menangis dan menjerit )
PUANG                    :  Sitti, dulu kau adalah kebanggaan puang, kau anak kaminagkusayang,  tapi kenapa kau kasi malu puangmu yanh terhormat ini ?
SUMI                       :  O…. Puang …. O….. Puang …. O…. Puang ….. Kemae ki` Puang !!! ( Dalam keadaan kaget )
PUANG                    :  “ Apa tong antu kau, kesini…. !!! Tidak kau liat bilang lagi marahka ini …. ( Sambil memegang pinggangnya )
SUMI                       :  Anne…. Anne puang ….. Surat kabar !!! ki` baca mi` puang …
PUANG                    : ( Sambil memegang Koran dan memutar balikkannya ) “ Aminah ….      Oh, Aminah ….. Kemae ko`…. mae ko` rodong anrinni   ???     Apa bacana anne !!! ….
AMINAH                 :  “ ( Membaca koran , lalu dengan spontan Aminah menangis dan memeluk adiknya ) “ …. Puang …. Oh, Puang ternyata andikku !!!
PUANG                    :  “ Ada apa Aminah “ …. ?
AMINAH                 :  “ Andikku Puang , ternyata …. dip*rk*sa ki` ri` agang kampus na` …. !!!
PUANG                    :  “ Apa….. dip*rk*sai ??? Siapa p*rk*sai??? Tidak natau kapang bilang terhormat disini. Sungguh terlalu
BUNDA                    :  ( Lari masuk memegang puang bersamaan denga ajudan ) …   Sabar ki` Puang…. Sabar ki`  !!! ( Mengusap dada puang )
SUMI                       :  “ Iya, sabbara ki` puang …. Paka sannangi Nyawa ta` ???
PUANG                    :  “ Tidak mentong, mauka pergi cariki itu orang yang p*rk*sai anakku….. !!!
BUNDA                    :  Tenang…tenangki puang
PUANG                    :  Kayak mau meka mati saya kalu begini
BUNDA                    :  Janganki puang berfikiran pendek begitu, semua bisa di fikirkan secara baik-baik
PUANG                    :  Ah…
 “ Setelah di ketahui bahwa Sitti, di p*rk*sa. Kini Sitti berubah menjadi sesosok wanita yang suka menangis sendiri “ …..
SITTI                       :  ( Teriak )”Ah….ah….ah…. Aku adalah perempuan yang saat    sekarang ini hanya  bisa menangis, merintih, dan tersenyum sendiri ……. Itulah kisahku !!!  ( sambil menangis ) …..
PESAN MORAL DARI CERITA :
“ Berhati-hatilah dalam pergaulan yang ada saat sekarang ini apalagi daerah metropolitan dan dengarkanlah selalu nasehat orang tua “


Pemesananan Oleh Oleh Khas Makassar bisa melalui www.oleholehkhasmakassar.com
                                                                         

Contoh Naskah Drama Pendidikan Versi Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: