Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

11 October 2016

Resep Kue Putu Cangkiri : Kue Khas Makassar

Meskipun ada banyak sekali kue khas Makassar yang dikenal di Indonesia, namun setiap menjelang malam dan pagi hari para warga lebih memilih untuk keluar rumah mencari kue putu cangkiri sebagai menu sarapan atau jajanan di malam hari. Kue putih cangkiri terbuat dari beras ketan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bagian bawahnya menyerupai cangkir apabila posisinya sengaja diletakkan terbalik. Karena dibuat dari beras ketan, kue ini cukup mengenyangkan dan memang cocok sekali sebagai pengganjal perut, harganya pun sangat terjangkau. Bila jalan-jalan di kota Makassar, Anda bisa menemukan penjual kue tradisional khas Makassar termasuk kue putu cangkiri ini. Resep kue putu cangkiri ini sangat mudah dan pasti enak di lidah.

Putu Cangkiri
 
Bahan:
Kue khas Makassar yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan dari segi rasa, kita bisa merasakan rasa gurih dan kenyal dari beras ketannya. Namun dalam resep ini, kita akan menggunakan dua macam tepung, yakni tepung beras dan tepung ketan.
•    Siapkan 200 gram tepung beras, pilih merk kesukaan Anda
•    Siapkan 200 gram tepung ketan, pilih juga merk kesukaan Anda
•    1 butir kelapa yang diparut memanjang
•    ½ sendok teh vanili
•    2 sdm pasta pandan
•    ½ sdt garam
•    150 gram gula merah yang diparut kasar untuk bahan isian
•    Siapkan ½ butir kelapa yang diparut memanjang yang kemudian dicampurkan degan sedikit garam lantas dikukus untuk bahan taburan kue khas Makassar enak ini.

Cara Membuat Putu Cangkiri:
Bahan yang dibutuhkan saja sangat simpel, jadi cara membuat kue khas Makassar ini pun sangat simpel dan mudah, Anda yang tidak pintar bikin kue pun bisa membuatnya dengan cepat.
1.    Campurkanlah tepung beras dengan tepung ketan, garam, vanili, kelapa serta pasta pandan, aduk adonan tepung hingga tercampur dengan baik.
2.    Setelah adonan kue khas Makassar siap, Anda bisa menyiapkan cetakan kue mangkuknya, pilih cetakan mangkuk yang berdiameter 3 sentimeter.
3.    Letakkan adonan kue khas Makassar ini sampai adonannya mengisi setengah cetakan, lantas tambahan gula merah secukupnya saja, lalu lapisi gula merah dengan adonan tepungnya lagi, tekan supaya adonan menjadi agak padat.
4.    Siapkan kukusan dan panaskan airnya, tunggu hingga kukusan menjadi panas dan siap mengukus adonan kue. Masukkan semua adonan dan kukuslah kurang lebih selama 40 menit atau sampai adonan kuenya menjadi matang sempurna. Setelah adonan matang, angkat dan tunggu hingga menjadi lebih hangat baru keluarkan dari dalam cetakan
5.    Hidangkan kue putu cangkiri ini selangi masih hangat dan untuk menyempurnakan penampilan serta rasanya, taburi atasnya dengan taburan kelapa. 

Karena ada banyak sekali kue khas Makassar mungkin Anda merasa kebingungan untuk memilih membeli yang mana, namun jika Anda suka makanan ringan yang terbuat dari beras ketan, maka Anda bisa memilih kue putu cangkiri ini yang sudah jelas rasanya lezat dan gurih. Sekilas kue putu cangkiri ini tampak seperti kue putu ambon ya? Anda yang sudah pernah merasakan kelezatan dan melihat penampilannya mungkin sudah bisa melihat perbedaan di antara dua kue tersebut. Semoga resep kue putu cangkiri di atas bisa membantu Anda mendapatkan camilan yang lezat dan sehat, yang bahan-bahannya mudah sekali untuk ditemukan di supermarket atau toko bahan kue, selamat mencoba dan semoga sukses.

Resep Kue Putu Cangkiri : Kue Khas Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: