Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

05 October 2016

Tentang Kopi Toraja yang Terbaik Di Dunia

Sensari rasa kopi yang kuat, nikmat dan menembus sampai ke lidah membuat kopi toraja menjadi jawara kopi di Sulawesi. Toraja merupakan daerah pegunungan yang ada di Sulawesi tempat tumbuh dan berkembangnya kopi. Kopi dari Sulawesi ini bisa menjadi buah tangan yang tepat untuk anggota keluarga dan teman-teman dekat yang suka sekali minum kopi terutama variestas kopi Arabica ini. Kopi ini dapat dinikmati tanpa gula dan bila ditambah dengan gula, rasa kecutnya akan makin terasa. Bersantai di pagi hari di Sulawesi sambil menikmati secangkir kopi akan membuat hari libur Anda menjadi lebih menyenangkan, karena kopi adalah bagian dari kebiasaan bahkan gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan begitu saja.



Termasuk Jenis Kopi Arabika
Ada beberapa varietas kopi di dunia, dan salah satu varietas yang paling terkenal adalah kopi arabika yakni varietas kopi yang memiliki cita rasa yang unik tidak terkecuali dengan kopi Toraja yang dihasilkan di daerah pegunungan tinggi di Provinsi Sulawesi. Kopi ini memiliki cita rasa yang kuat, aroma yang sedap dan ciri multidimensional, warna kopinya coklat tua. Karena produk produksi yang dilakukan menghasilkan kopi yang mudah mengering secara tidak beraturan, dan meskipun demikian, biji yang bentuknya tidak beraturan ini menambah rasanya menjadi lebih tajam.

10 Besar Kopi Terbaik
Sungguh membanggakannya kopi Toraja ini yang masuk dalam nominasi kopi terbaik yang ada di dunia bahkan masuk 10 besar kopi terbaik. Kopi ini sangat familiar di Sulawesi Selatan, karena memang dibudidayakan disana. Kopi Toraja masuk ke dalam 10 besar kopi terbaik di dunia dan menempati posisi yang kedua setelah Columbia yang berada di peringkat pertama. Dari segi aroma dan rasa, kopi ini mendapatkan peringkat kedua terbaik di dunia, sedangkan dari tata cara mengelola, kita masih kalah saing dan terbatas SDM-nya. Di Toraja Utara, terdapat 2 pabrik kopi yang cukup besar, yaitu PT Sulocto Jaya Abadi serta PT Toarco Jaya. Dari segi penilaian atau daya jual, kopi arabika jauh lebih baik daripada kopi robusta karena kandungan asamnya, aroma dan rasa yang jauh lebih menggugah selera sehingga kopi ini cenderung lebih diminati dari jenis kopi robusta.

Teknik Pembuatan Kopi
Untuk teknik pembuatan kopi Toraja, tidak jauh berbeda dari pembuatan kopi arabika lainnya, kita bisa menikmati kopi bersama gula atau tanpa gula. Biji kopi harus digiling terlebih dahulu dengan memasukkannya dalam penggilingan kopi, panaskan air dalam teko perak lalu tuangkan air panas dari teko di atas alat pembuat kopi yang sebelumnya telah diisi dengan 10 g bubuk kopi Toraja. Untuk cara pembuatan kopi dengan teknik tetes selanjutnya, bisa Anda pelajari melalui buku kopi atau langsung dari barista yang ahli di bidangnya.

Harga Kopi
Kopi Toraja dijual dengan kisaran harga yang beranekaragam. Itu tergantung dari kualitas kopi yang dimiliki, bila kualitas kopinya bisa dijaga dengan sangat baik, harga kopi ini bisa menyentuh angka yang cukup tinggi, namun besarnya harga cukup sebanding dengan cita rasa dan aroma dari kopi ini.

Kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi terbaik yang bisa kita hasilkan, khususnya dihasilkan di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika mengingat negara kita memiliki kopi dengan cita rasa terbaik ini, akan lebih bijaksana bila kita menikmati kopi hasil olahan Indonesia daripada menikmati kopi-kopi dari negara lainnya di kedai kopi.

Tentang Kopi Toraja yang Terbaik Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: